love in plores!!!

love in plores!!!
kampusQu

Minggu, 15 April 2012

Pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yang saya hormati, Saudara Wakil Presiden Republik Indonesia dan Peserta Sidang Kabinet Paripurna sekalian yang saya cintai,

Alhamdulillah, hari ini kita dapat kembali menyelenggarakan Sidang Kabinet Paripurna untuk membahas persoalan terkini, utamanya langkah-langkah lanjutan yang mesti kita lakukan setelah APBN Perubahan Tahun 2012 ditetapkan.

Sebagaimana Saudara ketahui dan rasakan bahwa situasi politik dan sosial, minggu-minggu terakhir ini, bukan hanya dinamis tetapi juga terasa menghangat, bahkan memanas. Dalam kehidupan sebuah negara demokrasi, hal ini bisa terjadi.

Kalau Saudara masih ingat, karena sebagian besar bersama-sama saya selama hampir delapan tahun ini menjalankan roda pemerintahan dan memimpin negara, beberapa kali kita juga menghadapi situasi seperti ini, dan hampir semuanya, itu totalitas dari berbagai persoalan yang mengemuka, termasuk faktor-faktor pengaruh perkembangan pada tingkat dunia terhadap perekonomian kita, terhadap kehidupan nasional kita.

Yang penting, Saudara-saudara, pemerintah, kita semua, harus tetap tenang, berpikir jernih dan rasional. Kita kembalikan semuanya kepada misi dan tanggung jawab kita sebagai pemerintah: menjalankan roda pemerintahan, melanjutkan pembangunan, melindungi kehidupan rakyat, seraya meningkatkan kesejahteraannya. Sebuah misi yang diamanatkan kepada saya dan Wakil Presiden dan juga pemerintah yang saya pimpin sekarang ini.

Tadi malam, dalam sebuah proses politik yang amat dinamis di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, telah ditetapkan APBN Perubahan Tahun 2012. Tentu setelah ini, kita akan melakukan konsolidasi, tidak boleh terlalu lama, satu-dua minggu kita berkonsolidasi, menata segalanya, setelah itu bergerak ke depan lagi untuk menjaga perekonomian kita, untuk menjalankan tugas-tugas kita, baik tugas pemerintahan umum maupun tugas pembangunan.

Sidang Kabinet Paripurna malam hari ini dirancang untuk mendapatkan penjelasan yang utuh dari menteri terkait, yang berkaitan dengan APBNP Tahun 2012. Usulan-usulan kita yang telah kita sampaikan kepada DPR RI, setelah melalui pembahasan yang sangat intensif dan serius, akhirnya ditetapkanlah tadi malam itu menjadi APBNP. Tentu ada implikasi, ada konsekuensi, dan ada tugas-tugas lanjutan yang mesti dijalankan oleh pemerintah untuk mencapai sasaran APBN, katakanlah begitu, ataupun sasaran pembangunan ekonomi kita.

Setelah sidang ini, nanti saya akan memberikan penjelasan yang saya tujukan kepada seluruh rakyat Indonesia, dan juga kepada para pelaku ekonomi, dan pelaku dunia usaha, baik domestik maupun dari negara sahabat, karena saya tahu mereka sangat peduli dengan kebijakan kita, dengan APBN kita, dan apa saja yang akan dilaksanakan oleh Indonesia, utamanya oleh pemerintahnya, untuk menjaga ekonomi kita, seraya menjaga pertumbuhan yang positif.

Demikianlah yang menjadi tujuan dan agenda dari Sidang Kabinet Paripurna kita pada malam hari ini. Setelah break nanti, saya persilakan Menko Perekonomian, Menteri Keuangan, dan Menteri ESDM untuk melaporkan ke hadapan sidang hal-hal yang esensial dari APBNP Tahun 2012.

Demikian pengantar saya, Saudara-saudara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar